Halaman

Selasa, 09 November 2010

Makan Sambil Belajar di Zoe Cafe

(Foto: Ist.)
BIASANYA, kafe dimanfaatkan sebagai tempat santai bersama teman, sambil bercengkrama sekaligus menikmati hidangan. Namun, Zoe Cafe punya konsep yang sangat unik.

Selain menjadi favorit mahasiswa, kafe ini juga dimanfaatkan untuk sarana edutainment, yakni education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Menilik namanya, Zoe sendiri berarti Zone of Edutainment.

Menurut pemiliknya, Erman (54) selain menyediakan beragam makanan dan minuman khas, kafe yang berlokasi di Jalan Margonda No. 27, Depok ini juga menyediakan banyak buku bacaan yang dapat dimanfaatkan ditempat atau dibeli.

“Di sini juga sering diadakan bedah buku dan workshop bagaimana cara menulis dan menggambar. Dengan begitu, kami ingin menampilkan dan merangsang unsur edukasi pengunjung. Kami juga menata ruang selaras antara kafe, perpustakaan, dan shop. Jadi, tidak berdiri sendiri,” katanya.

Menu yang ditawarkan terdiri dari 60 item, di antaranya pasta, steak, masakan khas Jepang, hingga masakan tradisional seperti sop buntut, soto betawi, dan lainnya. Sementara untuk minuman, tersedia beragam jus, kopi, dan sebagainya.

“Walaupun memang pasar kita anak muda, tetapi untuk kumpul kelurga juga bisa,“ ujarnya.

Jajal saja menu steak yang ditawarkan dengan harga cukup murah, yakni Rp9.000 sampai yang paling mahal Rp57 ribu. Untuk yang berkantong pas-pasan, tak perlu berkecil hati. Anda dapet menikmati paket hemat dengan harga Rp15ribu. Atau, Anda juga bisa mencicipi menu unggulan kafe, yakni sop bakso.

“Bahan bakunya terutama daging. Tidak hanya didatangkan dari dalam negeri, tapi juga luar negeri,” ujar Erman.

Karena berada dekat kampus, kafe menyediakan kartu member bagi mahasiswa. Tercatat, hampir 80 persen dari 5.200 anggotanya adalah mahasiswa dan pelajar sedangkan sisanya adalah kalangan eksekutif.

“Untuk menjadi member, umum dikenakan biaya Rp50 ribu, mahasiswa Rp40 ribu, dan pelajar Rp30 ribu. Jika ingin diperpanjang, cukup membayar Rp15 ribu per tahun,” jelas Erman.

Keuntungan yang didapat member adalah bisa meminjam buku untuk dibawa pulang dan mendapat diskon 10 persen jika membeli buku serta makan di Zoe Cafe.

Zoe Cafe buka setiap hari mulai pukul 10.00-23.00 WIB sedangkan pada weekend mulai pukul 10.00-24.00 WIB.(Pasha Ernowo//ftr)

Sambil Masak - Sambil Jaga Anak - Tetap Bisa Menghasilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar